Total Tayangan Halaman

Senin, 23 Juni 2014

MENGENDALIKAN HAMA WALANG SANGIT,WALANG HIJAU DAN MENGUSIR BURUNG PIPIT SERTA TIKUS DENGAN RAMAH LINGKUNGAN MENGGUNAKAN CLEAROPT 20 SC

     Hama walang sangit,walang hijau ,burung pipit dan tikus merupakan hama paling merugikan dan menjadi momok petani padi. Walang hijau dan walang sangit dapat menimbulkan potensi kerugian hingga 80 % kedua hama ini menyerang tanaman padi dengan menghisap bulir padi yang masih muda sehingga menyebabkan bulir menjadi hampa,sedang walang hijau lebih cenderung memakan daun daun padi dari daun yang tua hingga daun yang muda,.Demikian juga burung pipit dalam jumlah koloni yg besar mampu merusak bulir padi yg mulai menguning hama ini cukup sulit di kendalikan karena dapat terbang lincah.
Tikus juga merupakan hama yang paling sulit dikendalikan karena mempunyai daya ingat yg kuat dan sangat cerdik.Racun racun tikus yang diumpankan juga kurang begitu efektif karena sekali makan mati tikus yang lain tidak mau makan,disamping itu perkembangan popuasinya juga sangat cepat.
     walang sangit dan walang hijau sangat sulit dikendalikan karena banyak yang sudah kebal dengan bahan aktif pestisida kimia / sintetik.Dibeberapa wilayah di indonesia petanipun sudah mencampur atau mengoplos beberapa bahan aktif pestisida masih belum mampu mengendalikan serangannya bahkan cenderung lebih ganas, sebagian yang sudah terserang parah petani memilih membiarkan tanamannya puso karena sudah kehabisan akal dan upaya.
     Cara mengendalikan ; 
1.Hama walang sangit dan walang hijau
Bila kedua hama ini masih dalam jumlah sedikit pengendalian sebaiknya menggunakan cara preventif dengan dosis 2 ml / lt penyemprotan dimulai dari pinggiran mengelilingi berakhir ditengah,( seperti obat nyamuk bakar ). Tetapi bila bila hama ini sudah sangat mengganggu atau jumplah populasi sdh banyak gunakan dosis 3 ml / lt. Penambahan bahan penembus ( p3 ) pada waktu aplikasi akan lebih memuaskan hasilnya karena knock down ( jarak mati setelah aplikasi ) lebih cepat dan dapat menghemat penggunaan dan mengoptimalkan pestisida.Waktu penyemprotan paling baik pada pagi hari atau sore jelang petang.
Aplikasi pada saat matahari sudah terik kurang optimal karena walang akan bergerak lebih lincah serta bahan aktifnya lebih mudah terurai oleh sinar matahari.Usahakan waktu menyemprot cairan yang keluar dalam bentuk kabut jangan bentuk butiran karena selain boros sasaran yang tersembunyi tidak bisa dijangkau.Bila populasi walang sangat padat dianjurkan alat semprotnya menggunakan mist blower .

2.Hama burung pipit dan Tikus
3 menit setelah aplikasi
Kedua hama ini juga mempunyai pergerakan yang sangat lincah oleh karena itu penyemprotan merata di semua laha tanaman termasuk pematang pematangnya yg biasa dijadikan sarang tikus.
Dosis yang dianjurkan 3-3.5 ml / liter air.Interval penyemprotan melihat situasi dan kondisi dilapangan.
Efek dari penyemprotan ini burung pipit dan tikus enggan mendekat dan memakan bulir padi dan pergi menjauh,bila lubang tikusnya disemprot anak tikus yang masih dalam lubang akan mati keracunan dalam waktu 3-5 hari. bila ingin membasmi / mematikan burung pipit dapat mencampur 3 bahan aktif  antara lain clearopt 20 sct ( 3 ml / lt )+ biagro 60 ec ( 2.5 ml / lt ) + BPMC ( 4-4.5 ml / lt ) dan p3 ( 0.25 ml / lt )
semua dilarutkan terlebih dahulu dalam wadah ember yang berisi air yang terlebih dahulu di maukkan p3 agar elmulsi terbentuk.Aplikasi dihentikan 20 hari sebelum panen..




10 komentar:

  1. Solusi Jitu Menanggulangi hama burung dgn T-Mar'S Tanaman padi merupakan salah satu tanaman yang menjadi sasaran empuk bagi burung pipit dan sejenisnya, hingga tidak sedikit pula petani kita mengalami kerugian bahkan gagal panen karena padinya di serang hama burung. Berbagai macam cara petani menanggulangi padi agar tdk di makan burung serta tidak sedikit pula biaya yg di keluarkan untuk menjaga padi dari serangan burung terutama saat padi memasuki masa berbunga, berbuah, hingga panen. T-Mar'S merupakan obat khusus buat tanaman padi agar tidak di makan burung , hanya sekali pakai, padi akan terlindung dr burung hingga panen. T-Mar'S tidak mengandung bahan kimia dan bahan berbahaya lainnya (100% alami). Para petani tidak perlu lagi menjaga & khawatir lagi dengan serangan hama burung karena T-Mar'S melindungi tanaman padi dari hama burung dr semenjak di tanam hingga panen.., Sekarang giliran anda Silahkan "BUKTIKAN..!!!".. Cara Pemakaian: 200gram T-Mar'S di campur dgn benih 20kg, pencampuran di lakukan sesaat sebelum benih di tabur/di semai/benih setelah melalui proses perendaman. (lakukan pencampuran hingga merata). Catatan: T-Mar'S di gunakan hanya sekali pakai hingga padi di panen. Penggunaan kembali di lakukan pada saat menabur benih pada musim tanam berikutnya, agar tanaman padi selalu terlindungi dari hama burung. Terimakasih...!!! Bagi anda yg berminat silahkan hub: Hp: 087 786 666 123 BBM: 5FD1906D

    BalasHapus
  2. Berapa harga clearopt nya satu botol mas?

    BalasHapus
  3. Di kupang (NTT) blm ada pak..
    Bagaimna saya bisa dpt??

    BalasHapus
  4. Di kupang (NTT) blm ada pak..
    Bagaimna saya bisa dpt??

    BalasHapus
  5. Di daerah malang jawa timur ada yg jual gak Pak...

    BalasHapus
  6. saya tertarik pingin beli T-Mar'S nya, ada ndak ya jual di Sumbawa NTB

    BalasHapus
  7. Terimakasih Admin, Artikel ini sangat bermanfaat.
    Sekalian Mohon ijin ya numpang iklan promosi :

    Kami menjual aneka Kapur :
    - Kapur Aktif / Kapur Bakar / Cao / Kalsium Oksida.
    - Kapur Padam / CaOH2 / Kalsium Hidroksida.
    - Kapur Tepung / CaCo3 /Kalsium Karbonat / Kapur pertanian / Kaptan .
    - Zeolite .
    - Bentonite .
    - Dolomite dll.

    Untuk informasi lebih lanjut Silahkan hubungi :

    Bpk Asep 081281774186
    085793333234

    Simpan nomor dan hubungi jika sewaktu-waktu membutuhkan.

    BalasHapus