Total Tayangan Laman

Minggu, 29 Juli 2012

Dampak Penggunaan Air Tercemar Dalam Pertanian



1. DAMPAK BAGI KESEHATAN MANUSIA
penggunaan air yang tercemar dalam pertanian tentu saja mempunyai dampak positip dan negatip hanya yg sering dibahas dan dibicarakan dampak negatipnya karena berhubungan langsung dengan tanaman dan orang yang mengerjakannya dalam hal ini petani.
pengaruh negatip bila air yang tercemar di gunakan dalam pertanian adalah  kandungan air tercemar yang biasanya mengandung bakteri-bakteri patoghen dan racun-racun kimia.Kaitannya dengan ini ada beberapa bagian atau kelompok yg paling beresiko tertular patogen atau keracunan/tercuni zat-zat kimia seperti
a.petani dan keluarganya
b.buruh tani atau tenaga kerja tani yang bekerja pada lahan yg menggunakan air tercemar.
c.Konsumen yang  mengkonsumsi produk pertanian yang diolah dengan menggunakan air irigasi yang tercemar.
d.semua orang yang berdekatan dengan area pertanian yang menggunakan air tercemar terutama yang paling beresiko adalah anak-anak dan orang tua.
Air yang tercemar sangat banyak mengandung organisme - organisme yang berbahaya yang bisa menyebabkan penyakit karena dalam air tersebut tentu saja banyak patogen-patogen yg mampu bertahan dalam jangka waktu yang lama sampai tertransmisikan ke tubuh manusia.
Sedang kandungan zat kimia berbahaya yg mencemari air irigasi  biasanya dari unsur logam.Pada jumlah kecil biasanya logam-logam ini secara biologis sangat diperlukan, namun dalam jumlah yang besar dapat membahayakan bagi tubuh. Beberapa zat kimia yang sering ditemukan pada air tercemar untuk irigasi antara lain adalah cobalt, tembaga, dan seng (Armon, 2002).
hal ini disebabkan tanaman tidak mengasorbsi zat kimia ini, dan dalam keadaan melebihi ambang batas dapat berbahaya bagi manusia dan tanaman itu sendiri, beberapa laporan penelitian mengindikasikan jika tubuh terdedah polutan ini dalam jangka waktu yang lama akibat mengkonsumsi hasil produksi pertanian yang tercemar dapat memicu terjadinya kanker.
2. DAMPAK BAGI TANAH / LAHAN PERTANIAN
Permasalahan utama yang dihadapi oleh tanah, jika yang terbawa oleh air irigasi tercemar berupa logam, dalam jumlah yang normal logam ini tidak berdampak apapun bagi tanah namun dalam jumlah yang cukup besar dapat merusak struktur tanah, misalkan dapat meningkatkan PH tanah menjadi lebih asam atau lebih basa. Air irigasi tercemar yang membawa zat pencemar berbetuk solid lama-lama  akan mengumpul pada permukaan tanah dan menyebabkan tersumbatnya pori-pori tanah sehingga tanah menjadi tidak subur.
3. DAMPAK BAGI TANAMAN
Air yg tercemar tinggi akan berdampak serius pada tanaman yg menggunakan air ini untuk irigasinya,misalnya terhadap hasil produksi ( kwantitas ) dan mutu ( kwalitas ).
Air yg tercemar bisa mempengaruhi perubahan rasa,mutu hasil dll.
Memang tak semua air yg tercemar itu mempunya sisi negatip ada juga sisi positipnya  terkadang juga bisa menyuburkan bila tingkat pencemarannya tidak tinggi,tetapi biasanya kondisi air yg tercemar kandungan logam-logamnya sangat tinggi atau berlebihan sehingga logam-logam berat dapat mengganggu pertumbuhan tanaman itu sendiri dan manusia yang mengkonsumsinya.

1 komentar: